Jumat, 12 Oktober 2012

Saung Angklung Udjo Investasi 10 Hektare Bambu

Saung Angklung Udjo Investasi 10 Hektare Bambu

(bisnis-jabar.com)
BANDUNG (bisnis-jabar.com) —  Demi mengembangkan produksi angklung, Saung Angklung Udjo (SAU) kini tengah melakukan kerja sama dengan Perhutani Jabar & Banten untuk memproduksi bahan baku bambu hitam di Tasikmalaya.
Direktur Operasional SAU Mutiara Desiana Udjo mengatakan sebanyak 10 hektare bambu hitam ditanam oleh pihak Perhutani yang nantinya akan dibeli oleh SAU.
“Pada 2012 ini kami memang tengah menggalakan penanaman bahan baku angklung dari jenis bambu hitam yang bekerja sama dengan pihak Perhutani dan Unpad,” katanya.
Dia menjelaskan setelah adanya pengakuan SAU oleh UNESCO dua tahun silam, pihaknya ingin terus mengembangkan angklung sebagai warisan budaya yang harus dijaga.
Untuk itu, dengan adanya perluasan penanaman bambu tersebut, diharapkan selain mengembangkan angklung, pihaknya juga bakal meciptakan lahan kerja baru baik dari para petani maupun para pengrajin angklung.
“Dengan konsep ini, kami juga membina para petani agar menciptakan angklung sekaligus. Selain itu, efek dari penanaman ini budidaya bambu akan tertolong dan lingkungan bakal tetap hijau karena yang kami tahu penebangan bambu secara asal sangat kami sayangkan,” katanya. (k5/yri)

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar