LAMPUNG ID
part 1
sejenak aku terfakur
tergugah dan terjaga dalam diam
perlahan namun pasti
jari jari ini menari
mengikuti irama hati dan logika
yang coba menyatu.
lalu aku tersentak lalu bersandar di dinding dinding beton ruangan ini
baru ku menyadari berat nya konsekuensi perjalanan ini.jalan yang terasa sepi sangat sepi,sunyi teramat sunyi.ku yang jauh seolah jauh,seakan terasing dalam cengkrama gelisah nya imaji.lampung id sudah lama mengendap dan ku fikiri,namun sempat tersendat dan tertunda.yang ku pun tak tau mengapa dan dari mana harus mengawali dan memulai.dan ku pun tak tau apakah aku kan bisa menyelesaikan masalah ini,membahas topik yang bisa tenteramkan hati.atau ia kan menambah jiwa ini kian tergelitik untuk terus mengekplorasi.sejenak aku kehabisan kata,diam dan kembali bertanya haruskah ku jalani peran ini,mestikah aku memantik api dan keluar dari zona nyamanku.menulis tak ubah nya berbicara karena ada hal yang hendak di komunikasikan yakni berupa makna dan hakikat.membayang tulisanku yang lalu.begitu sepi tanggapan dari orang orangku yang ingin ku beri tau bahwa banyak hal yang tak beres terjadi di tanoh dan lampungku,juga dengan republik serta perlalukannya yg membuat darah ku mendidih dengan sebenarnya bangsaku(bangsa lampung,red).terus terang semua karya ku baik tulisan maupun video2 dan keterlibatanku tentang kelampungan ini di dunia maya adalah wujud dari kesedihan dan kemarahanku dengan semua ketidak adilan.juga bentuk perlawanan sanak marga dengan segala keterbatasannya akibat kesewenangan orang orang republik yang meracuni ku dengan nasionalisme semu bangsa besar indonesia nya.terus terang ku bangga dengan negara ini dan sangat ingin terus bersama dengan nya.tapi bukan dengan alasan persatuan dan kesatuan semaumaunya orang orang republik mengobrak abrik tatanan adat,budaya,falsafah dan pemerintahan punyimbang saibatin.bukan juga semau mau nya dengan sewenang wenang nya meniadakan hak etnis lampung tapi memaksa kewajiban dengan todongan senjata dan manipulasi media.tanoh lampung adalah tanoh marga,tiap marga ada atoran marga nya,juga ada masyarakat pemilik asli serta tanah ulayat nya
aku sangat miris juga ada kala nya menangis,menggertak kan rahang dan gigi menahan murka.sering kali ku sabarkan namun sering kali aku gagal.aku sangat suka membaca,sangat haus tentang pengetahuan2 tentang sejarah dan sebagai nya.tak pernah sebelumnya aku begitu sangat ingin peduli tentang fenomena kelampungan ini,sebelum aku tau banyak tentang sejarah kegemilangan ninik muyangku.bahkan aku pernah pada titik benci dengan identitas kelampungan ku sendiri,malu dan coba ingin di kenali dengan identitas nasionalis ke indonesiaanku.namun realita realita yang terjadi kini sangat menggocangkan peperangan klasik antara perjuangan kelas identitas dalam dunia ke akuan dan ke egoanku.debenrnya sangat mudah bagiku abai seperti umumnya ram,menyimpan kepedihan ram hanya dalam hati,dan menahan murka dengan lantunan adio adi,hahiwang atau sekiman,dalam tulisan dan perkataan namun tak terpublikasi dan tak di mengerti.
tidak,memang itu sangat mudah namun falsafah piil pusenggiri semakin lama ku coba mengerti semakin ku berkobar dalam api kegelisahan yang meletup letup tuk memantik api kemarahan yang lama tertahan dari generasi kegenerasi.ku pernah merasa tak enak menarikan bebas kata kata yang mengganjal di dada.tuk mengungkapkan ke zaliman mereka.namun darah telah tertumpah menjadi tumbal yang sangat mahal.namun nyawa telah melayang saksi nyata dari kebijakan dan kekurang ajaran "tian".begitu juga kehormatan telah terlecehan.dan yang sangat sangat membuatku menagisi ini terjadi pada bangsa ram,bangsa dan darahku.dan terjadi di tanoh marga tanoh lampungku,tanah tumpah darah dari semenjak leleuhurku. tiga pantangan(aib) besar yang bagi ram sangat benci dan di hindari begitu terang terangan sekarang di langgar,dan tragis nya dan sangat tragis nya di lakukan pendatang.di kalangan ram sendiri ram tau masalah darah,nyawa,dan kehormatan(keluarga,marga,wanita/gadis) adalah masalah serius yang dalam sejarah nya.jika di langgar akan menimbulkan pertikaian dan bahkan perang antar marga yang berlarut larut.apa lagi dalam pradigma ram,sesama ram saja ram tak mau di jajah dan di lecehkan,apa lagi oleh pendatang baik dari kalangan ram sendiri,apa lagi dari luar kalangan ram tentu sangat tak termaafkan kekurang ajaran ini.ram semua tau marga lima kalianda(lampung selatan) adalah orang orang yang jika kita andaikan suku jawa,maka mereka adalah jawa jogja.orang kalianda dan lampung selatan secara umum adalah orang yang terkenal sangat santu,ramah,dan paling menghindari perselisihan,yang paling lembut di kalangan ram,.tentu saja jika orang luar ada masalah dengan orang kalianda dan lampung selatan secara umum di benak kami,sangat keterlaluan orang luar itu.apa lagi pendatang,bali,hindu pula
pem,bahsan kita sudah melebar kemana mana,ku juga gak tau kenapa seperti nya begitu mudah ku rangkai kata kata.begitu lepas bebas angan ku mengurai benang kusut hakikat dan makna yang coba ku jabarkan semanjak lama ini.mungkin karena ku tidak lagi memusiongkan tanggapan dan komentar,mungkin karena ku tak perlu menghawatirkan dan mempedulikan kritikdan saran,dan "nyemu" berharap nyedongan di sai ramik karena kawatir di salahkan .
lampung id adalah sutu topik yang sebenarnya coba penulis YanRizwar Al-lampungi ekplorasi menyoroti tentang identitas ram sebagai bangsa lampung.
ada tiga identitas penyerta
1.identitas etnis,
2.identitas nasional,
3.identitas keislaman
tiga identitas ini mesti semua pihak sadari baik dari kalangan ram sendiri maupun pihak luar.dalam menyikapi identitas kelampungan dewasa ini kita tak bisa lepas dan melepaskan tiga identitas ini.baik saat kita mengekplorasi masa lalu(past),kini(countinous) maupun masa yang akan datang(future).akar konflik,perdamaian,harapan,integrasi,sejarah,adat,budaya,seni,lampung kontemporer,asimilasi pendatang,interaksi kekinian,dan sebagai nya semua harus bermula dan bermuara dalam samudera 3 identitas yang disebutkan penulis di atas.tiga kontek identitas yang penulis sebut lampung id adalah roh dan jiwa lampung kontemporer.tak bisa di pisah kan dan tak bisa saling di pertentangkan,sebab ketiga tiga nya ada manfaat dan konsekwensi yang akan sangat menentukan eksisitensi persatuan dan kesatuan semu nasionalisme republik,nasionalisme kebangsaan etnic,dan ukhuwah islamiah atas nama iman dan islam.bagi ram identitas 1 dan 3 adalah final sebab identitas 1 adalah identitas penyerta dan kebanggaaan yang di wariskan ninik muyang denmgan sejarah dan darah sejak lampau jauh sebelum identitas no 2.dan ram menyadari bangsa ram telah melewati persatuan dan penyatuan dengan suka rela ini dengan bangsa lain yang serumpun(sunda banten,melayu sriwijaya,majapahit,dsb) tapiyang abadi adalah ram itu sendiiri dan kini identitas nasional ram(identitas no 2)adalah atas nama indonesia denbgan sisitem republik nya yang rusak.dengan pergantian dan pergiliran sejarah ninik muyang ram dengan susah payah,dengan perjuangan nya,menyatukan ram dalam bingkai iman dan ukhuwah islamiah dan bagi ram identitas keislaman ini adalah final dan tak bisa di tawar apa lagi di ganggu gugat.sehingga ram sekarang bisa bangga dan berbesar hati selagi bangsa ram baik lampung secara umum maupun komering,ranau,merpas,cikoneng pak pekon,kayu agung,tanjungraja adalah islam.dan jika ada orang yang mengaku ngaku bangsa ram tapi ia non muslim dengan cepat lugas dan tuntas bahkan tanpa keraguan sedikitpun ram akan berkata kamu pembohong.masalah identitas bagi ram sangat penting.ada fanatisme(dalam artian positif) dalam apa yang di percayai secara turun temurun(identitas no1)maupun dengan apa yang di yakini(identitas no 3) dan apa yang di jaga(identitas no 2)
dan semua identitas itu menyatu dalam satu istilah yang memudahkan penyebutan kita dalam topik ini dan selanjutnya akan menjadi dua kata yang akan meringkas nya dalam penyampaian ram tentang topik yang penulis coba ketengahkan ini
LAMPUNG ID,lampung punya jati diri
cukuplah sudah cukupkanlah sudah meraba raba dan merestorasi kelampungan dengan konsepan dan patokan yang tak berdasar dan bersendi.cukupkanlah sudah fanatisme identitas tanpa LAMPUNG ID
moga tulisan ini bermanfaat
sebagai renungan ram jejama SemakaPutra Titisan Pengikhan MakhgaSanaSopyanto Gawoh LamBar Uncu Wir , Semacca Andanantnt, Matsayuti Putra Penyimbang Jun Hm
Hendri SemakaMas HabiAryusmar Kartadilaga Heri AlkhusyairiMamak AlanMatsayuti Matsayuti Putra MelintingAbdulah Nurwawi AliFolta Api Gaohlah Udo Z KarziCik Martin DoDarius MartinMamak Dul AcomNovan Saliwa
dan lain nya
part 1
sejenak aku terfakur
tergugah dan terjaga dalam diam
perlahan namun pasti
jari jari ini menari
mengikuti irama hati dan logika
yang coba menyatu.
lalu aku tersentak lalu bersandar di dinding dinding beton ruangan ini
baru ku menyadari berat nya konsekuensi perjalanan ini.jalan yang terasa sepi sangat sepi,sunyi teramat sunyi.ku yang jauh seolah jauh,seakan terasing dalam cengkrama gelisah nya imaji.lampung id sudah lama mengendap dan ku fikiri,namun sempat tersendat dan tertunda.yang ku pun tak tau mengapa dan dari mana harus mengawali dan memulai.dan ku pun tak tau apakah aku kan bisa menyelesaikan masalah ini,membahas topik yang bisa tenteramkan hati.atau ia kan menambah jiwa ini kian tergelitik untuk terus mengekplorasi.sejenak aku kehabisan kata,diam dan kembali bertanya haruskah ku jalani peran ini,mestikah aku memantik api dan keluar dari zona nyamanku.menulis tak ubah nya berbicara karena ada hal yang hendak di komunikasikan yakni berupa makna dan hakikat.membayang tulisanku yang lalu.begitu sepi tanggapan dari orang orangku yang ingin ku beri tau bahwa banyak hal yang tak beres terjadi di tanoh dan lampungku,juga dengan republik serta perlalukannya yg membuat darah ku mendidih dengan sebenarnya bangsaku(bangsa lampung,red).terus terang semua karya ku baik tulisan maupun video2 dan keterlibatanku tentang kelampungan ini di dunia maya adalah wujud dari kesedihan dan kemarahanku dengan semua ketidak adilan.juga bentuk perlawanan sanak marga dengan segala keterbatasannya akibat kesewenangan orang orang republik yang meracuni ku dengan nasionalisme semu bangsa besar indonesia nya.terus terang ku bangga dengan negara ini dan sangat ingin terus bersama dengan nya.tapi bukan dengan alasan persatuan dan kesatuan semaumaunya orang orang republik mengobrak abrik tatanan adat,budaya,falsafah dan pemerintahan punyimbang saibatin.bukan juga semau mau nya dengan sewenang wenang nya meniadakan hak etnis lampung tapi memaksa kewajiban dengan todongan senjata dan manipulasi media.tanoh lampung adalah tanoh marga,tiap marga ada atoran marga nya,juga ada masyarakat pemilik asli serta tanah ulayat nya
aku sangat miris juga ada kala nya menangis,menggertak kan rahang dan gigi menahan murka.sering kali ku sabarkan namun sering kali aku gagal.aku sangat suka membaca,sangat haus tentang pengetahuan2 tentang sejarah dan sebagai nya.tak pernah sebelumnya aku begitu sangat ingin peduli tentang fenomena kelampungan ini,sebelum aku tau banyak tentang sejarah kegemilangan ninik muyangku.bahkan aku pernah pada titik benci dengan identitas kelampungan ku sendiri,malu dan coba ingin di kenali dengan identitas nasionalis ke indonesiaanku.namun realita realita yang terjadi kini sangat menggocangkan peperangan klasik antara perjuangan kelas identitas dalam dunia ke akuan dan ke egoanku.debenrnya sangat mudah bagiku abai seperti umumnya ram,menyimpan kepedihan ram hanya dalam hati,dan menahan murka dengan lantunan adio adi,hahiwang atau sekiman,dalam tulisan dan perkataan namun tak terpublikasi dan tak di mengerti.
tidak,memang itu sangat mudah namun falsafah piil pusenggiri semakin lama ku coba mengerti semakin ku berkobar dalam api kegelisahan yang meletup letup tuk memantik api kemarahan yang lama tertahan dari generasi kegenerasi.ku pernah merasa tak enak menarikan bebas kata kata yang mengganjal di dada.tuk mengungkapkan ke zaliman mereka.namun darah telah tertumpah menjadi tumbal yang sangat mahal.namun nyawa telah melayang saksi nyata dari kebijakan dan kekurang ajaran "tian".begitu juga kehormatan telah terlecehan.dan yang sangat sangat membuatku menagisi ini terjadi pada bangsa ram,bangsa dan darahku.dan terjadi di tanoh marga tanoh lampungku,tanah tumpah darah dari semenjak leleuhurku. tiga pantangan(aib) besar yang bagi ram sangat benci dan di hindari begitu terang terangan sekarang di langgar,dan tragis nya dan sangat tragis nya di lakukan pendatang.di kalangan ram sendiri ram tau masalah darah,nyawa,dan kehormatan(keluarga,marga,wanita/gadis) adalah masalah serius yang dalam sejarah nya.jika di langgar akan menimbulkan pertikaian dan bahkan perang antar marga yang berlarut larut.apa lagi dalam pradigma ram,sesama ram saja ram tak mau di jajah dan di lecehkan,apa lagi oleh pendatang baik dari kalangan ram sendiri,apa lagi dari luar kalangan ram tentu sangat tak termaafkan kekurang ajaran ini.ram semua tau marga lima kalianda(lampung selatan) adalah orang orang yang jika kita andaikan suku jawa,maka mereka adalah jawa jogja.orang kalianda dan lampung selatan secara umum adalah orang yang terkenal sangat santu,ramah,dan paling menghindari perselisihan,yang paling lembut di kalangan ram,.tentu saja jika orang luar ada masalah dengan orang kalianda dan lampung selatan secara umum di benak kami,sangat keterlaluan orang luar itu.apa lagi pendatang,bali,hindu pula
pem,bahsan kita sudah melebar kemana mana,ku juga gak tau kenapa seperti nya begitu mudah ku rangkai kata kata.begitu lepas bebas angan ku mengurai benang kusut hakikat dan makna yang coba ku jabarkan semanjak lama ini.mungkin karena ku tidak lagi memusiongkan tanggapan dan komentar,mungkin karena ku tak perlu menghawatirkan dan mempedulikan kritikdan saran,dan "nyemu" berharap nyedongan di sai ramik karena kawatir di salahkan .
lampung id adalah sutu topik yang sebenarnya coba penulis YanRizwar Al-lampungi ekplorasi menyoroti tentang identitas ram sebagai bangsa lampung.
ada tiga identitas penyerta
1.identitas etnis,
2.identitas nasional,
3.identitas keislaman
tiga identitas ini mesti semua pihak sadari baik dari kalangan ram sendiri maupun pihak luar.dalam menyikapi identitas kelampungan dewasa ini kita tak bisa lepas dan melepaskan tiga identitas ini.baik saat kita mengekplorasi masa lalu(past),kini(countinous) maupun masa yang akan datang(future).akar konflik,perdamaian,harapan,integrasi,sejarah,adat,budaya,seni,lampung kontemporer,asimilasi pendatang,interaksi kekinian,dan sebagai nya semua harus bermula dan bermuara dalam samudera 3 identitas yang disebutkan penulis di atas.tiga kontek identitas yang penulis sebut lampung id adalah roh dan jiwa lampung kontemporer.tak bisa di pisah kan dan tak bisa saling di pertentangkan,sebab ketiga tiga nya ada manfaat dan konsekwensi yang akan sangat menentukan eksisitensi persatuan dan kesatuan semu nasionalisme republik,nasionalisme kebangsaan etnic,dan ukhuwah islamiah atas nama iman dan islam.bagi ram identitas 1 dan 3 adalah final sebab identitas 1 adalah identitas penyerta dan kebanggaaan yang di wariskan ninik muyang denmgan sejarah dan darah sejak lampau jauh sebelum identitas no 2.dan ram menyadari bangsa ram telah melewati persatuan dan penyatuan dengan suka rela ini dengan bangsa lain yang serumpun(sunda banten,melayu sriwijaya,majapahit,dsb) tapiyang abadi adalah ram itu sendiiri dan kini identitas nasional ram(identitas no 2)adalah atas nama indonesia denbgan sisitem republik nya yang rusak.dengan pergantian dan pergiliran sejarah ninik muyang ram dengan susah payah,dengan perjuangan nya,menyatukan ram dalam bingkai iman dan ukhuwah islamiah dan bagi ram identitas keislaman ini adalah final dan tak bisa di tawar apa lagi di ganggu gugat.sehingga ram sekarang bisa bangga dan berbesar hati selagi bangsa ram baik lampung secara umum maupun komering,ranau,merpas,cikoneng pak pekon,kayu agung,tanjungraja adalah islam.dan jika ada orang yang mengaku ngaku bangsa ram tapi ia non muslim dengan cepat lugas dan tuntas bahkan tanpa keraguan sedikitpun ram akan berkata kamu pembohong.masalah identitas bagi ram sangat penting.ada fanatisme(dalam artian positif) dalam apa yang di percayai secara turun temurun(identitas no1)maupun dengan apa yang di yakini(identitas no 3) dan apa yang di jaga(identitas no 2)
dan semua identitas itu menyatu dalam satu istilah yang memudahkan penyebutan kita dalam topik ini dan selanjutnya akan menjadi dua kata yang akan meringkas nya dalam penyampaian ram tentang topik yang penulis coba ketengahkan ini
LAMPUNG ID,lampung punya jati diri
cukuplah sudah cukupkanlah sudah meraba raba dan merestorasi kelampungan dengan konsepan dan patokan yang tak berdasar dan bersendi.cukupkanlah sudah fanatisme identitas tanpa LAMPUNG ID
moga tulisan ini bermanfaat
sebagai renungan ram jejama SemakaPutra Titisan Pengikhan MakhgaSanaSopyanto Gawoh LamBar Uncu Wir , Semacca Andanantnt, Matsayuti Putra Penyimbang Jun Hm
Hendri SemakaMas HabiAryusmar Kartadilaga Heri AlkhusyairiMamak AlanMatsayuti Matsayuti Putra MelintingAbdulah Nurwawi AliFolta Api Gaohlah Udo Z KarziCik Martin DoDarius MartinMamak Dul AcomNovan Saliwa
dan lain nya
- Mamak Dul Acom, Matsayuti Putra Penyimbang, Hendri Semaka dan 3 lainnya menyukai ini.
- Jun Hm Nyak sangun mak pandai ngebaca. Jadi, maaf lamun nyak benar2 mak paham maksud tulisan "Lampung ID". Nyak hiran lamun islam jadi identitas ulun Lampung? Padahal, Islam nyebutken "TIDAK ADA PAKSAAN DALAM BERAGAMA. Nyak percaya ID ulun Lampung Radeu diturunken ninik muyang Ram, a.l., piil pesenggiri dan nemui nyimah ino cukup hibat dan efektif. Tano nyak lebih wawai fokus di bhs dan budaya spy harta kekayaan Lampung ino mak aRat sebab inolah antara lain ID ulun Lampung. Maaf, tabik pun
- YanRizwar Al-lampungi oh masalh sinji tho jadio sorotan ngah kuji,payu ku jelasko
baca artikel sai radu mena ku publikasiko jiwa ram(mengislamisasi lampungisasi)artikel lom lampung forum.disan Novan Saliwa ku tandai maksudku nyin di tanggapi ni.identitas lampung kontemporer(sesuai dengan kontek kekinian) takl bisa lepas dari 3 identitas di atas.jiwa dan ruh lampung kontemporer harus dipertimbangkan dalam 3 krangka yang penulis sebut lampung id.lampungisasi(proses melampungkan)lampung dan kelampungannya yang terkait tidak bisa di pisahkan dari identitas di atas redifinisi dan restorasi tak bisa lepas dari krangka3 identitas tersebut dan yang terpenting dan terharus ada adalah identitas ram sebagai etnis dan identitas ram sebagai muslim/ah.ingatlah konsekuensi dari syahadatain(bersahadat) adalah tiada illah(tuhan) selain Allah dan muhammad SAW sebagai rasulullah.suri tauladan kita.dan sumber hukum tertinggi kita adalah al-quran dan sunnah.
justru ulun lampung islam,maka identitas keislaman tersebut melekat dengan sendirinya.dan yang disebutkan ngah di atas lampung id nomor 1 yakni tentang identitas etnis - Jun Hm 1. Nyak setuju identitas Ram sebagai muslim. Artinya, nyak kak Islam, lalu nyak ngemik identitas, tapi layen Islam ino identitas ulun Lpg. Jadi, lamun wat ulun Lpg layen Islam, diusir anjak Lpg dan dianggap layen ulun Lpg? Untung nyak Islam, mak tekuRuk sai diusir. Ini serius. 2. Nyo sai dimaksud jamo kelampungan? Terima kasih, maaf.
- YanRizwar Al-lampungi wow,tano nyak nanya wat kudo jelma lampung non islam?.sai di maksud kelampungan yakdolah semua yang terkait dan terkandung dari lampung itu sendiri.sai kusorot di lom lampung id yakdolah identitas lampung kontemporer.nampak sangat keliatan islamphobia mu ngah,kan radu ku cawako wat 3 identitas penyerta sai melekat ,perhatiko kalimat jak artikel di atas "ada fanatisme(dalam artian positif) dalam apa yang di percayai secara turun temurun(identitas no1)maupun dengan apa yang di yakini(identitas no 3) dan apa yang di jaga(identitas no 2)
dan semua identitas itu menyatu dalam satu istilah yang memudahkan penyebutan kita dalam topik ini dan selanjutnya akan menjadi dua kata yang akan meringkas nya dalam penyampaian ram tentang topik yang penulis coba ketengahkan ini
LAMPUNG ID,lampung punya jati diri"
maksud jati diri :jati diri lampung kontemporer - Mamak Dul Acom Temon do ano islam dapok d jadiko salah satu ciri kham lappung, sebab unyin kham lappung islam, senajin ya tukang khappuk..kemayangan ya sholat 1 th sekali.. Goh nyak sa tek..hahaaa
- YanRizwar Al-lampungi Mamak Dul Acom IDENTITAS KEISLAMAN SENO IDENTITAS PENYERTA sai ngelekok rek mak dapok ticigahko(tipisahko) jak identitas ram sunyin soal ni api nyak cawa reno identitas etnis(identitas no 1) adalah hasil perjalanan sejarah bangsa ram sai radu melalui proses tahapan animisme dinamisme,hindu budha,rek islam.islam menjadi rujukan tertinggi dilom tahapan ram me lampungisasi.injuk pepatah bijak minang "adat besandi syara',syara' besandi kitabullah(al-quran).tabikkkk
- Hendri Semaka yaa, setuju mamak YanRizwar Al-lampungi, dalih Mamak Dul Acom, 'identitas kebangga'an" kham, salah satu na yakdo Islam.
jadi pantas ya kukhuk disan.
ulih ki ya ''lappung nihan'' ya pasti Islam, Alhamdulillah.
malahan kham lampung, mak haga tokokh agama, andah ni kebun gratis, kejuju na Indomie khua dus. sumang jak suku bakhih. (kipak injuk hana mamak DUL no kakhu,, jakhang penuh mesigid kak jemahatan, kidang ki pindah agama,, tedak ya...) haaaaa - YanRizwar Al-lampungi mamak hendri semaka,sukor kidah kik radu di tangkap rik diperjelas reji.sangun reno do maksudni rk sangun reno do adani rek helau ni.nerima nihan mamak.kalau juga wat manfaat perhatian sumbangan pemikiran ram ji
Tidak ada komentar:
Posting Komentar